CIRI KHAS DALAM PENCAK SILAT YANG HARUS KAMU KETAHUI

Pencak silat adalah ilmu beladiri asli dari Indonesia, gerakan pencak silat sangat lembut, karena kelembutannya itu pencak silat tidak sama dengan beladiri yang lain, dengan kelembutan nya juga serangan lawan sangat mudah dihindari.
  
Pada zaman kini pencak silat telah dijadikan wahana pendidikan bagi generasi muda yang berkualitas. Perguruan-perguruan pencak silat menghasilkan manusia-manusia yang mentalitasnya, cerdas, tegas, dan terampil, berprilaku terpuji serta mempunyai budi pekerti luhur, berwibawa disegani dan panstas menjadi panutan di lingkungan masyarakat. Orang-orang seperti inilah yang kemudian disebut “Pendekar”.

ILHAM NSUTION PESILAT

Sebagai ilmu beladiri khas Indonesia, pencak silat memiliki ciri umum dan ciri khusus berbeda dengan beladiri yang sejenis yang berasal dari belahan dunia yang lain, ciri-ciri tersebut adalah;

Ciri Umum Pencak Silat
a.Pencak silat mempergunakan seluruh bagian tubuh dan anggota badan lainnya untuk membela diri.
b.Pencak silat tidak memerlukan senjata tertentu, benda apapun dapat di jadikan senjata untuk membela diri.
c.Pencak silat lahir dan tumbuh serasi dengan alam sekitar, adat sopan santun masyarakat, watak suku bangsa dan agama yang kesemuanya dalam wilayah Indonesia.

Ciri khusus Pencak silat
a.Sikap tenang namun selalu waspada
b.Mempergunakan kelincahan, kelenturan, kecepatan, saat (timing) dan sasaran yang tepat disertai gerak reflek untuk menguasai lawan, bukan hanyua mengandalkan kekuatan dan tenaga saja.
c.Mempergunakan prinsip timbangan, permainan posisi lawandengan pemindahan titik berat badan.
d.Memanfaatkan serangan dan tenaga lawan secara maksimal.
e.Menghemat, menyalurkan tenaga yang minimal.

0 Response to "CIRI KHAS DALAM PENCAK SILAT YANG HARUS KAMU KETAHUI"

Posting Komentar

wdcfawqafwef